Proyek Pelabuhan Malaysia dan Indonesia

Indonesia dan Malaysia sedang meluncurkan proyek pelabauhan untuk menyaingi status Singapura sebagai pusat pemindahan barang dan perdagangan minyak. Awalnya, perusahaan operator pelabuhan milik negara Pelindo I akan menghabiskan 1,2 Triliun Rupiah (atau sekitar 85 juta Dolar Amerika) untuk meningkatkan pelabuhan Batu Ampar di Pulau Batam. Batu Ampar berada di bagian paling utara dari pulau tersebut, berseberangan dengan Selat Singapura.

Rencana investasi di Batam bertujuan untuk meningkatkan penanganan kargo di pelabuhan Batu Ampar, untuk meningkatkan daya saingnya. Indonesia ingin Batam menjadi pusat pengiriman dan manufaktur alternatif dari Singapura, di mana diklaim dapat menarik investasi baru senilai 60 Miliar Dolar Amerika. Karenanya, dana akan digunakan untuk membeli tiga pelabuhan bergerak dan 12 mesin derek, terminal traktor, yang bersama-sama akan menghapus kebutuhan untuk memindahkan barang di Singapura, yang menimbulkan biaya logistik tambahan.

Hal ini dikarenakan gugusan pulau di Indonesia yang menyebabkan biaya logistik yang tinggi untuk pengiriman antar pulau di masa lalu. Karena itu, Presiden Joko Widodo membuat pengembangan pelabuhan salah satu kebijakan utamanya ketika ia dilantik pada tahun 2014. Rencana Induk Pengembangan Pelabuhan dalam negeri berpusat di enam pelabuhan utama: Belawan, Batam, Makassar, Sorong, Tanjung Perak dan Tanjung Priok, namun rencana tersebut termasuk pembangunan 24 pelabuhan secara keseluruhan dalam lima tahun dengan pendanaan milyaran Dolar.

Presiden direktur Pelindo I Bambang eka Chyana mengatakan, “Kami mengikuti standar pengiriman yang menuntut efisiensi untuk pelabuhan Batu Ampar.” Dalam jangka menengah, Bambang mengatakan bahwa Pelindo I akan membeli mesin derek yang bisa memuat dan membongkar barang untuk kapal yang lebih besar, dengan keyakinan bahwa penambahan peralatan tersebut akan membuat Batu Ampar menjadi lebih produktif dengan biaya operasional yang lebih rendah.

Latest Magazine

Our Sponsors







Maritime Events

24 - 26 August 2021
Radisson Golf & Convention Centre, Indonesia