5 Inovasi Digital Yang Mengubah Industri Kelautan

Meskipun sudah sangat terbiasa dengan praktik tradisionalnya, industri perkapalan kini memasuki era baru dengan inovasi digital pada lebih dari 50.000 kapal yang kini sedang mengarungi samudera dunia. Dalam artikel ini, Safebridge telah meneliti dan menemukan tren digital terkini pada industri kelautan yang memberikan pembaruan pada sektor bisnis yang berkembang ini.

Kapal Otonom
Iya, bagi sebagian dari kita, kapal otonom merupakan hal yang tabu atau bahkan merupakan skenario “yang tidak akan terjadi”. Bukankah ini bagaimana idea-idea inovatif telah diperkenalkan?

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan seperti Rolls-Royce Marine dan perusahaan pengiriman raksasa asal Jepang Nippon Yusen telah membagikan rencana untuk mengirimkan kapal kendali jarak jauh dan otonom ke laut. Kapal-kapal ini akan memiliki awak kapal pada awal, namun seiring perkembangan teknologi, beberapa kapal ini mungkin tidak memiliki awak kapal pada awal tahun 2020.
Beberapa perusahaan membangun kapal otonom dari awal, sementara beberapa usaha baru membuat sistem semi-otonom yang akan dipakai pada kapal yang sudah ada. Yang pasti adalah “otonom” akan menjadi bagian penting pada operasional keseharian di atas kapal.

Realitas Dunia Maya
Tidak mengherankan jika program pelatihan Realitas Dunia Maya tersedia di pasaran. Mereka bisa digunakan untuk hiburan awak kapal, atau seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk mengembangkan keterampilan baru. Untuk lebih lanjut meningkatkan keselamatan awak kapal, pemilik kapal mulai menyelidiki pengembangan teknologi teknologi pakaian-cyborg untuk para awak kapal – yang digunakan untuk memantau detak jantuk, akumulasi langkah maupun tingkat kadar gula, dan lain-lain, dalam waktu nyata, untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan awak kapal di atas kapal.

Keamanan Dunia Maya
Berbicara tentang inovasi digital, inilah poin kritis yang perlu kita fokuskan: keamanan dunia maya. Talking about digital innovations, here is a critical point we need to focus on: cyber security. Kita semua menggunakan aplikasi antivirus untuk telepon genggam dan laptop, kata sandi untuk akun media sosial atau bahkan menggunakan Otentikasi Dua Faktor. Mari kita memperhitungkan kemungkinan industri yang menguasai sekitar 90% perdagangan dunia.
Langkah pertama dalam pencegahan serangan dunia maya adalah mengidentifikasikan ancaman dan kerentanan, menilai paparan resiko yang terkait dengan masalah ini dan mengembangkan langkah-langkah perlindungan dan rencana darurat untuk menetralkan resiko-resiko sebanyak mungkin.

Pembelajaran Secara Elektronik
Pelatihan kelautan sangat penting untuk menciptakan dan mengembangkan industri yang ”sehat”. Yang lebih dari sekedar pelatihan, adalah metode pelatihan daring yang efektif, yang ketika diadopsi oleh industri kelautan, membawakan manfaat dengan nilai yang penting bagi perusahaan secara keseluruhan dan bagi pelaut secara individu. Ini merupakan bisnis yang menuntut dengan kebutuhan pelatihan yang terus berubah, dan solusi pelatihan daring membuat prosesnya lebih mudah, cepat dan hemat biaya

Organisasi kelautan sudah mulai merancang solusi pembelajaran elektronik jarak jauh yang inovatif untuk memungkinkan pelaut belajar sambil melanjutkan pekerjaan mereka. Ini merupakan platform daring yang menghubungkan individu di seluruh dunia, sambil menggunakan solusi zaman baru seperti simulasi peralatan virtual, video keselamatan kelautan 3D dan Realitas Dunia Maya (VR) serta memungkinkan pelaut untuk tinggal lebih lama di laut, agar dapat terus berkembang dan meningkatkan keterampilan yang mereka butuhkan.

Sertifikasi Digital
Sulit dipercaya bahwa dalam industri yang selalu berevolusi seperti industri kelautan, orang-orang maish menggunakan serfikat kertas untuk ‘membuktikan’ keahlian mereka ataupun untuk tujuan hukum.

Cara lain untuk memperoleh dan mengelola sertifikat kelautan adalah aplikasi yang bernama myCert; daripada mencetaknya, memasukkannya ke dalam amplop dan mengirimkannya ke belahan dunia yang lain. Dikembangkan sebagai ekosistem digital, aplikasi ini terhubung dengan tiga pihak utama dalam bidang ini: penerbit sertifiikat, pemegang sertifikat dan penguji sertifikat. Sebagai contoh, Pelaut dapat mengunggah sertifikat mereka dan berlayar tanpa harus khawatir tentang kehilangan dokumen penting, sedangkan bagi perusahaan penerbit sertifikat, platform aman ini dapat meningkatkan efisiensi dengan biaya operasi yang lebih rendah. Terlebih lagi, aplikasi ini memungkinkan penguji untuk lebih mudah terhubung dengan mudah dan bekerja lebih efisien selama proses manajemen sertifikasi.
Semua dalam satu, ekosistem digital ini menyelesaikan semua topik yang melibatkan proses yang dimiliki oleh penerbit, pemegang maupun penguji, memastikan tingkat kepercayaan yang tinggi di antara semua pihak yang terlibat.

Latest Magazine

Our Sponsors







Maritime Events

24 - 26 August 2021
Radisson Golf & Convention Centre, Indonesia