Layanan Tenaga STS dari EPI Diharapkan dapat Mendukung Pelabuhan Ramah Lingkungan, Menciptakan Efisiensi Bahan Bakar

Pelayanan distribusi tenaga dari pesisir ke kapal (shore to ship / STS) oleh Eco Power PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) diharapkan dapat mendukung pelabuhan untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan (pelabuhan ramah lingkungan) dan menciptakan efisiensi dalam konsumsin bahan bakar pengapalan.

PT EPI (Eco Power), yang merupakan anak perusahaan operator pelabuhan milik negara PT Pelabuhan Indonesiaa II/IPC dengan fokus jasa dalam menyediakan listrik bagi aktivitas pelabuhan, telah meluncurkan jasa distribusi tenaga (listrik) dari pesisir ke kapal (shore to ship / STS) pada Pelabuhan Tanjung Priok pada hari kamis, 15 Oktober 2020.

STS merupakan penyediaan listrik dari pembangkit listrik (persediaan) EPI ke kapal. Pasokan listrik ini diharapkan dapat membantu mesin kapal tetap berfungsi pada saat kapal berlabuh di pelabuhan, sehingga meminimalisir penggunaan konsumsi bahan bakar saat berlabuh.

Pada peluncuran ini, layanan STS memasok listrik ke kapal peti kemas Meratus – Kapal Meratus Jayapura.

Dalam kata sambutannya pada saat peluncuran layanan STS, presiden direktur EPI Imanuddin mengatakan bahwa layanan ini tetap menjadi komitmen EPI untuk mendukung program pelabuhan ramah lingkungan, dan di sisi lain hal ini diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

"Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung pelabuhan ramah lingkungan. STS akan mengurangi polusi udara dari pembakaran bahan bakar di mesin kapal selama berlabuh di pelabuhan. Juga mengurangi suara dari mesin kapal," kata Imanuddin.

Selain itu, menurut Imanuddin, hal tersebut menciptakan efisiensi biaya bagi perusahaan pengiriman. “Kami perkirakan ini akan memangkas biaya bahan bakar perusahaan pengiriman sekitar 15 -30 %. Dan juga, ini dapat memberikan waktu tambahan untuk melakukan pemeliharaan mesin kapal,” katanya.

Pada tahap pertama, EPI telah membeli dua konverter, artinya EPI dapat memberikan layanan ini kepada dua kapal pada saat bersamaan. "Mari kita lihat bagaimana perusahaan pengiriman menanggapinya. Kami siap membeli lebih banyak konverter lagi jika permintaan meningkat," lanjutnya.

Wakil Presiden Direktur IPC, Hambra mengapresiasi layanan baru EPI, mengatakan bahwa induk perusahaan IPC akan mendukung ekspansi layanan ini di masa depan.

Hambra juga berharap perusahaan pengiriman dapat mengoptimalkan layanan EPI untuk mendukung efisiensi biaya operasional mereka.

"Kami siap memberikan layanan ini pada pelabuhan cabang kami. Kami berharap perusahaan pengiriman dapat mengoptimalkan penggunaan layanan ini, untuk mendukung pelabuhan ramah lingkungan dan memangkas biaya bahan bakar mereka," kata Hambra.

Latest Magazine




Our Sponsors







Maritime Events

3 - 5 August 2021
Radisson Golf & Convention Centre, Indonesia