Tugboat (Kapal Tunda) Baru Buatan Batam Dikirim ke PT Patria Maritime Lines

Setidaknya tiga tugboat sarat air dangkal dari seri OSD-IMT7402 telah dikirimkan ke PT Patria Maritime Lines yang bermarkas di Cikarang, Indonesia. Kapal-kapal tersebut dibuat oleh galangan kapal PT PT Patria Maritim Perkasa (anak perusahaan PT United Tractors Pandu Engineering) di Batam, dan kini telah dalam perjalanan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tugboat konvensional dengan daya tarik 20 ton, bersarat air dangkal dilengkapi untuk membantu tongkang berukuran 300 kaki berlabuh dan lepas labuh serta untuk menarik tongkang-tongkang ini sepanjang sungai Barito di area Kalimantan Selatan di Indonesia. Selama musim kemarau, bagia hulu sungai hanya memiliki kedalaman air sekitar 2,5 hingga 3 meter. Karena alasan ini, rancangan sarat air dijaga pada ukuran dua meter.

Tugboat LOA OSD-IMT7402 berukuran 23 meter ini dilengkapi dengan kait penarik di buritan. Busur dorong dengan fender tipe D vertikal 3 lapis terintegrasi pada struktur kapal. Rancangan tersebut menawarkan akomodasi untuk 10 awak yang di atur dalam dua kabin berempat dan dua kabin tunggal.

Tugboat juga dilengkapi dengan dua mesin diesel 829BHP yang terhubung dengan poros penggerak dan baling-baling konvensional dengan nosel berefisiensi tinggi. Konfigurasi ini memungkinkan daya tarikan hingga 20 ton dan kecepatan mencapai 12 knot. Kapal ini berbendera Indonesia dan diklasifikasikan Bureau Veritas.

PT Patria Maritim Perkasa mengatakan bahwa mereka berniat membuat lebih banyak tugboat OSD-IMT7402 di kemudian hari.

Latest Magazine




Our Sponsors







Maritime Events

3 - 5 August 2021
Radisson Golf & Convention Centre, Indonesia